Jumat, 24 November 2017

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar pada Diri Sendiri

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar pada Diri Sendiri

1.Fokus pada tujuan
Tentukan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup itu sangat penting karena dapat memberikan motivasi tersendiri untuk terus belajar. Tentukan seberapa lama anda bisa mewujudkannya sehingga anda akan lebih semangat untuk belajar agar mimpi yang diinginkan tersebut segera terwujud.

2.Atur jadwal
Waktu akan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar. Biasanya semangat belajar berkurang disebabkan oleh waktu belajar yang tidak tepat, jadi pilihlah waktu belajar yang tepat. Jangan belajar terlalu berlebihan dalam belajar karena dapat menimbulkan efef negative bagi kesehatan, jadi aturlah jadwal belajar yang se-efisien mungkin.

3.Saat belajar cobalah timbulkan perasaan senang
Terkadang kondisi mood kita sangat mempengaruhi otak kita pada saat menerima pelajaran, oleh karena itu agar semangat belajar tetap terjaga mulailah belajar pada saat kondisi batin dan hati sedang dalam keadaan senang dan tenang.
Perasaan senang ketika belajar adalah suatu kondisi yang bisa diciptakan, maka tanamkanlah dalam pikiran anda bahwa belajar adalah hal yang asyik dan seru.

4. Hargailah waktu
Cobalah untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, dan jangan pernah menunda untuk belajar. Dengan begitu sudah tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

5. Buatlah sensasi belajar baru
Saat belajar cobalah buatlah sensasi yang baru, walaupun belajar dengan waktu yang lama tidak  menimbulkan rasa bosan. Contohnya pergi di tempat yang baru berpetualang sambil belajar atau belajar dapat membuat proses belajar sebagai hal yang sangat mengasyikkan

6. Berikan penghargaan pada diri sendiri 
Agar semangat belajar dalam diri selalu terjaga dan buatlah semakin tumbuh dengan cara memberi penghargaan pada diri sendiri setiap kali mencapai hal yang luar biasa karena ketekunan anda dalam belajar. Melalui penghargaan anda dapat menghargai setiap usaha yang anda lakukan dalam mencapai sesuatu.

7. Hadapi setiap masalah dengan menawan
jika masalah muncul, jangan biarkan masalah itu membuat semangat belajar kita menjadi menurun. Cobalah mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Contohnya jika permasalahannya adalah malas belajar, maka carilah penyebab mengapa anda malas belajar, dan pikirkan resiko yang terjadi jika anda malas belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Negara dengan Universitas Terbaik   1. Finlandia: Finlandia secara rutin menduduki peringkat teratas dalam sistem pendidika...